Step Forward

Step Forward

Sermon, 28 April 2024

Preacher: Ps. Daniel Kapantow

Bacaan: Yosua 1:1-3

Langkah maju itu bisa terjadi jika kita memilih untuk maju. Dalam setiap kehidupan kita, Tuhan menginginkan kita mengalami kemajuan demi kemajuan.

Janji Tuhan diberikan untuk direbut. Untuk merebut tentu harus maju. Tanah perjanjian diberikan harus diraih dengan melangkah, tidak boleh berdiri di tempat, apalagi mundur (step back). Ada orang yang memilih tidak melangkah karena takut dengan apa yang ada di depan, sepertinya kegedean, tidak mungkin. Ada juga orang yang memilih untuk diam di tempat. Ada juga orang yang memilih untuk mundur, tidak melibatkan diri dalam “project” besarnya Tuhan.

Orang yang tidak melangkah kepada apa yang Tuhan janjikan adalah orang yang paling banyak kehilangan kesempatan untuk menikmati apa yang Tuhan janjikan!

Ada 3 hal penting yang bisa kita dapatkan:

  1. Get Ready! Ayat 2: Hambaku Musa telah mati. Kematian Musa, sang pemimpin spektakuler tapi itu adalah lembaran yang lama (yang kemarin). Tuhan berkata: “Sebab itu”, ini berarti kesempatan! Bersiaplah sekarang! Artinya: ada lembaran baru yang berbeda cerita, yang ajaib, bersama Tuhan. Kata “bersiap” begitu penting untuk menerima janji Tuhan untuk Yosua! Seringkali Tuhan memulai dengan sebuah situasi yang sulit, proses yang berat, namun itu bertujuan untuk mempersiapkan kapasitas hidup yang siap untuk memikul tanggung jawab yang lebih besar. 
  2. Get Over! Ayat 2: Sungai Yordan lagi meluap, dalam keadaan banjir. Sungai yang ada di depan Yosua harus mereka seberangi (get over). Mereka harus menyeberang tanpa diberitahu bagaimana caranya. Tangani sungai itu! Seberangi sungai itu! Mengapa Tuhan menyuruh menyeberang? Tuhan mengijinkan kita untuk melewati sesuatu yang sulit, sebuah masalah karena itu bukanlah sebuah masalah untuk Tuhan! Yosua dan orang Israel lah yang menjadi “masalah” jika mereka tidak melakukan perintah Tuhan! Ketika kita melihat kesulitan, janganlah melihat itu sebagai sebuah masalah yang akan menghambat perjalananmu bersama Tuhan! Itu adalah bagian dari sebuah proses yang Tuhan ijinkan terjadi untuk melatih iman kita untuk mempercayai Tuhan dalam perjalanan hidup kita! Semua sudah disediakan Tuhan di depan. Sungai Yordan bukan suatu masalah ketika berjalan bersama Tuhan. Besok ada hal-hal besar yang ajaib yang dikerjakan oleh Tuhan. Get over
  3. Get Focus! Semua yang Anda lakukan adalah rencana Tuhan. Fokus terhadap janji Tuhan! Ayat 3: Fokuslah terhadap penggenapan janji Tuhan. Fokuslah kepada kemana kita ingin pergi, bukan kepada apa yang kita takuti. Perjalananmu akan berhasil dimulai dari langkah pertamamu yang engkau yakini terhadap penyertaan Tuhan! 

Let’s step forward (Yosua 21:44)! Tuhan Yesus memberkati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *