Imen 6 Oktober 2024

Imen – Rumah Tangga Digital

Imen – Parenting Project – Modul 5 (6 Oktober 2024)
 
Rumah Tangga Digital
 
Media sosial dan internet bisa menjadi media daring bisa menjadi lingkungan pembentuk identitas dan karakter anak. Yang bertanggung jawab penuh terhadap pembentukan identitas dan karakter anak seharusnya orang tua.
 
Merefleksi diri dan berdiskusi bagaimana menyikapi anak dalam penggunaan internet/teknologi digital, berapa lama anak boleh bermain gadget dalam sehari, dan apa pendapat bapak-bapak tentang perkembangan anak di tengah era teknologi dan digital hari ini.
 
Dunia digital adalah arus yang tidak pernah tidur dan tidak berempati.
 
M – Mantapkan aturan di rumahmu, orang tua harus belajar membuat aturan misalnya umur berapa saja mereka boleh memegang gadget, jam berapa saja internet hidup di rumah dan apapun aturan harus dibuat bersama dengan anak serta penjelasan yang logis di balik aturan tersebut.
 
E – Efektifkan budaya transparan: Sedini mungkin ajarkan anak untuk selalu terbuka mengenai hal apa saja dalam hidup. Keterbukaan harus disertai dengan orang tua yang bersedia mendengar dan teladan dalam mengikuti aturan yang sudah disepakati.
 
D – Detoksifikasi: pastikan ada waktu dimana internet, gadget dimatikan supaya keluarga memiliki waktu bersama untuk membangun hubungan dan relasi kasih antara orang tua dan anak
 
I – Investasikan waktu: untuk melakukan hal-hal positif dengan atau tanpa internet misalnya belajar coding bersama, belajar masak bersama, membuat konten positif bersama dll.
 
A – Andalkan komunitas: komunitas yang paling penting yang bisa diandalkan anak adalah komunitas gereja.
Anda bisa menjadi orang tua generasi digital yang lebih baik di tangan Anda! You can do it!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *