Mengikut Tuhan Dengan Belajar Hal Kecil Tentang Melepaskan

Sermon 22 Oktober 2023

Markus 10:17-25

Pernahkah berpikir mengapa Tuhan Yesus tidak berusaha dengan keras meyakinkan pemuda kaya tersebut untuk mengikuti-Nya? Seolah-olah menyerah…

Padahal di bagian lain Alkitab, nilai seorang jiwa bagi-Nya adalah begitu berharga, bahkan lebih dari 2000 ekor babi (Mat. 8:32), Yesus juga pernah berkata dalam Mat. 12:12 “Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba?”

Keterikatan pemuda tersebut dengan harta menyadarkan kita bahwa prioritas pemuda tersebut adalah harta, dan ini bisa dialami oleh kita semua jika kita tidak pernah belajar dari hal kecil tentang melepaskan. Hal terbaik mengikut Tuhan adalah kemampuan melepaskan. Melepaskan adalah tindakan paling bijak yang bisa kita lakukan. Dalam ruang kosong yang diciptakan oleh perpisahan, kita menemukan diri kita sendiri yang lebih kuat dan lebih bebas untuk menerima yang baru.

Hari ini, kita belajar 3 hal dari kisah pemuda kaya ini:

1. Jangan pernah remehkan hal yang kecil. Hal kecil yg kita terlantarkan/remehkan akan punya potensi besar nantinya, jangan seperti pemuda kaya ini, terlihat something ternyata nothing. Pemuda ini mengalami kekecewaan dan kehilangan tujuan yang hendak dicapainya yaitu hidup kekal. Kekayaan bukanlah tanda bahwa berkat Allah, perkenanan Allah ada dalam diri seseorang. Kehebatan atau karunia juga bukanlah tanda kerohanian seseorang, melainkan dari buahnya.

2. Cek hati untuk pastikan apa yang yang menjadi fokus hidup Anda. Adakah yg masih mengikat, menghalangi pertumbuhan iman kita? Motivasi? Menolak panggilan Tuhan? Panggilan Tuhan bisa berbeda dengan talenta kita. Kadang Tuhan memanggil kita bukan karena kita bisa. Contoh: Daud memiliki kemampuan menggembalakan, tetapi dia terpanggil menjadi seorang raja.

3. Mulai prioritaskan Tuhan sebagai prioritas utama dari prioritas yang lainnya. Jika belum, bangun hal-hal kecil dalam hidup Anda dengan Tuhan: membaca renungan tiap hari, doa tiap hari, cari kehendak-Nya tiap hari sebelum Anda beraktivitas. Apa yang kita anggap penting atau punya nilai tinggi, maka disitulah kita akan memberikan waktu, pikiran, keuangan serta energi kita.

Happy sunday everyone!

#ifgf #ifgf_magelang #magelang #getukeco#gereja #church #supersunday #simplicity_works

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *