Imen 22 September 2024

Imen 22 September 2024

Imen 22 September 2024
 
Tangki emosi anak
 
Jika tangki emosi anak itu kosong, anak akan sulit dekat dengan orang tua sehingga kepribadian dan imannya sulit berkembang. Anak tiba-tiba menjadi keras, pemarah, suka membully temannya dll.
 
Orang tua harus belajar mencintai anaknya supaya mereka seperti Tuhan Yesus dalam Lukas 2:40: “Anak itu bertambah besar dan bertambah kuat, penuh hikmat dan kasih karunia Allah ada pada-Nya”.
 
Orang tua harus mengisi tangki emosi anak dengan kasih.
 
Mari kenali bahasa kasih anak yang akan mudah dikenali ketika mereka berumur 7 tahun:
  1. K – Kata-kata pujian > Kata-kata penuh dukungan, affirmasi, kalimat yang simple: “Papa sangat bangga dengan kamu” dll.
  2. A – Aktivitas bersama > ketika orang tua melakukan aktivitas bersama, anak akan merasa dikasihi dan dicintai. Sesederhana seperti makan, masak, atau main game yang penting bersama-sama.
  3. S – Sentuhan > Ibarat sebagai ikatan batin antara orang tua dan anak, anak akan merasa aman dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi.
  4. I – Investasi waktu > Dengarkan waktu curhat anak, datang ke pertunjukannya dll
  5. H – Hadiah > Reward, sebenarnya tidak perlu mahal yang penting menghargai anak.
Isilah tangki emosi anak dengan baik, mungkin ada yang tangkinya “small” atau bahkan besar yang membutuhkan kesabaran.
 
Ingat kasih itu tidak bersyarat (bukan transaksional), kita harus menerima anak kita apapun kondisinya. Orang tua harus menyiapkan stok pengampunan untuk anak dengan kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *