Imen 8 September 2024

Imen 8 September 2024

Belajar tentang pola asuh anak dengan otoritas orang tua yang benar.

4 Pola asuh parenting, biasanya:

  1. Menuntut
  2. Tidak menuntut
  3. Hangat dan menerima
  4. Dingin dan kurang menerima

4 Pola ini bisa dipelajari yaitu dari pengaruh yang ditimbulkan pada anak:

  1. Otoriter: Ingin mengendalikan keadaan secara penuh > Bicara satu arah kepada anak mereka tanpa membuka ruang diskusi > Apabila anak melanggar, maka orang tua menghukum > Mungkin anak mereka taat, tapi akibat opini dan perasaan mereka diabaikan, banyak masalah muncul di kemudian hari > mempunyai watak yang tidak bahagia dan perilaku yang bermasalah.
  2. Otoritatif: Menuntut standar yang tinggi, tetapi juga membangun kedekatan dan hubungan positif dengan anak > Aturan disertai penjelasan yang lengkap > aturan ditegakkan dan ada konsekuensi > menciptakan lingkungan yang positif, anak-anak akan terlihat gembira dan puas > lebih mandiri dan aktif, cenderung memiliki prestasi akademik yang baik.
  3. Pengabaian: Orang tua tipe ini tidak tahu anak mereka lagi apa, di mana, dan dengan siapa > Membuat anak-anak mengurus diri sendiri > Anak cenderung gegabah, cepat bertindak dan tidak berpikir panjang > Kepercayaan diri mereka juga rendah.
  4. Permisif: serba membolehkan > mungkin membuat aturan, tapi jarang menegakkan aturan > enggan terlalu keras kepada anak > seringkali menuruti keinginan si anak > Anak cenderung egois, enggan mengikuti aturan, banyak masalah dalam hubungan sosial dan memiliki penguasaan diri yang rendah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *