God The Faithful

Allah yang pencemburu

Sermon, 11 Agustus 2024

Preacher: Ps. Andreas Purnomo

Keluaran 34:14 (TB) Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada allah lain, karena TUHAN, yang nama-Nya cemburuan, adalah Allah yang cemburu.

Keluaran 34:14 (TB2) Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada ilah lain, karena TUHAN bernama Pencemburu, Ia adalah Allah yang cemburu.

Hubungan kita dengan TUHAN dan bangsa Israel dalam Alkitab diibaratkan sebagai suami dan isteri. 

Yesaya 54:4-5 Janganlah takut… Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi

Allah itu seperti seorang suami yang tidak rela atau tidak suka ketika pasangannya bersikap tidak setia. 

Yesaya 62:5 Sebab seperti seorang muda belia menjadi suami seorang anak dara, demikianlah Dia yang membangun engkau akan menjadi suamimu, dan seperti girang hatinya seorang mempelai melihat pengantin perempuan, demikianlah Allahmu akan girang hati atasmu.

Tahun 2018 ada pernikahan antara Akihito Kondo dan Hatsune Miku di Jepang. Selama 10 tahun, Kondo menaksir Miku dan akhirnya dia memberanikan dirinya untuk melamar Miku. Pernikahan mereka dihadiri oleh sekitar 39 orang tetapi uniknya tidak ada satupun keluarga Kondo ada disitu. Mereka yang hadir disitu bukan keluarganya, melainkan yang kagum terhadap kisah cintanya. Miku ini adalah sebuah hologram di sebuah gatebox. Hologram ini diprogram bisa berinteraksi dengan manusia. Akhirnya Kondo jatuh cinta pada Miku.

Saya bisa membayangan ketika isteri saya jatuh cinta kepada cowok hologram, pasti saya akan cemburu. Itu sama dengan Allah yang cemburu ketika umat-Nya beribadah kepada ilah lain. Ilah lain itu tidak ada apa-apanya dengan Tuhan. Sesungguhnya ilah lain itu ciptaan manusia. 

Kata “cemburu” adalah kosakata manusia yang sebetulnya tidak bisa menggambarkan perasaan Allah terhadap umat-Nya karena kosakata manusia terbatas.

Ketika umat Allah beralih kepada berhala dan menyembahnya Tuhan berpikir: “Kenapa kamu sebodoh itu? Kenapa kamu mencari sesuatu yang tidak nyata sementara Aku ada disini”

Hubungan saudara dengan Tuhan itu tidak didorong oleh rasa takut karena Dia itu tuan dan saudara hamba-Nya. Karena hubungan saudara melampaui itu, karena dasarnya adalah love, cinta.

Maleakhi 2:14b … Oleh sebab TUHAN telah menjadi saksi antara engkau dan isteri masa mudamu yang kepadanya engkau telah tidak setia, padahal dialah teman sekutumu dan isteri seperjanjianmu.

Saat itu, janji hanya diucapkan oleh satu pihak yaitu laki-laki karena budaya mereka patrilineal. Laki-laki memegang otoritas tertinggi, jadi yang mengucapkan janji setia adalah suami. Efek dari janji suami yang mengucapkan janji setia adalah bahwa Allah itu adalah seorang suami yang mengucapkan janji setia kepada kita. Pada akhirnya membawa kita kepada pengertian bahwa TUHAN adalah Allah yang setia

Ulangan 7:9 Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa TUHAN, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-Nya, sampai kepada beribu-ribu keturunan.

Masak kita tidak bersyukur punya Allah yang setia?

Sebab seperti istri yang ditinggalkan dan yang bersusah hati TUHAN memanggil engkau kembali; masakan isteri dari masa muda akan tetap ditolak? firman Allahmu. Yesaya 54:6

Jika engkau mau kembali, hai Israel, demikianlah firman TUHAN, kembalilah engkau kepada-Ku; dan jika engkau mau menjauhkan dewa-dewamu yang menjijikkan, tidak usahlah engkau melarikan diri dari hadapan-Ku! Yeremia 4:1

Kesetiaan TUHAN itu membuat Dia menantikan saudara ketika saudara menjauh dari diri-Nya. TUHAN tetap menunggu saudara dengan setia bahkan ketika saudara lari mencari hal-hal yang hampa yang tidak berkenan kepada-Nya.

Bayangkan jika TUHAN menceraikan saudara. Pada jaman itu, perempuan yang diceraikan tidak mungkin bisa hidup, nafkah dan memiliki proteksi karena satu-satunya proteksi yang diterima olehnya itu di rumah suaminya.

TUHAN tidak menyukai perceraian karena TUHAN tidak mungkin menceraikan umat-Nya! Saudara bisa bayangkan jika TUHAN menceraikan saudara, saudara tidak akan memiliki proteksi apapun, akan mudah diserang dan jatuh. Makanya kita bersyukur hari ini! 

Tuhan Yesus memberkati.

Our Dashboard

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *