Upgrade

Upgrade

Sermon, 4 Agustus 2024

Preacher: Ps. Deny Yoga

Bacaan: Matius 25:14-30

Hidup yang selalu naik (upgrade) itulah yang diinginkan manusia. Dalam Yesaya 54:2-3 Setiap kita dapat upgrade, sebagai berikut:

  1. Memperbesar kapasitas,
  2. Menambah kapabilitas,
  3. Pertumbuhan kuantitas,
  4. Perbaikan kualitas.

Bagaimana supaya kita bisa mencapai itu?

Menurut Matius 25:14-30, kita bisa belajar bagaimana “upgrade”:

  1. Identifikasi diri/mengenali diri sendiri. Sejauh mana Tuhan mempercayakan kepada kita: kapasitas kita, kapabilitas kita, mutu kita, kualitas kita yang bisa kita ukur. Orang yang sukses adalah orang yang mengenal kemampuan dirinya, kekuatan/kelebihan dan rendah hati mau mengakui kelemahan dirinya. Identifikasi diri bukan mengambil identitas orang lain menjadi identitas kita.
  2. Aktualisasi diri. Keinginan seseorang menggunakan semua kemampuan dirinya untuk mencapai apapun yang mereka mau dan bisa dilakukan. Aktualisasi diri ini adalah ketepatan seseorang di dalam menempatkan dirinya sesuai dengan kemampuan yang ada di dalam dirinya. Aktualisasi diri ini pada dasarnya menjadi versi terbaik dari dirimu dengan mengasah bakat dan kelebihanmu sehingga dapat mencapai impian-impianmu serta memberikan arti kepada kehidupan. Proses ini perlu melibatkan kerja keras, tekun belajar, disiplin diri dan semangat. Jadi, jangan cepat menyerah, melainkan upayakan dahulu.
  3. Kesetiaan diri. Milikilah komitmen/disiplin diri dalam perkara kecil. Upgrade more: diberi tanggung jawab perkara yang besar. Proses ini perlu melibatkan kesabaran, pantang menyerah & visi jauh ke depan. Mau melewati proses, tidak instan/lewat jalan pintas.

Mari kita konversi berat 1 talenta. 1 talenta perak di Israel beratnya sekitar 100 pon (45 kg). 1 talenta emas di Israel memiliki berat sekitar 200 pon (91 kg). Jika dirupiahkan, maka 1 talenta perak (1 perak = Rp. 14.853) adalah Rp. 668.385.000,-. Sedangkan jika dirupiahkan melalui berat emas, maka 1 talenta emas (1 emas = Rp. 1.275.000) adalah Rp. 116.025.000.000,-.

Jadi, 1 talenta itu sangat besar. Stop, jangan lagi pakai kata “cuma” untuk mengukur 1 talenta. Anda sedang menghina Tuhan.

Ingin upgrade? Kita harus menghargai 1 talenta tersebut. Yang Tuhan percayakan kepada kita sangatlah besar.

Bagaimana dengan konversi nominal? 1 talenta = 6000 dinar. 1 dinar = upah per hari pekerja harian. UMR Kab. Magelang Rp. 2.316.890 (upah per hari kira-kira 77.000). Jadi 1 talenta nominalnya adalah Rp. 462.000.000,-

Marilah kita hargai setiap talenta yang Tuhan berikan kepada kita. Tuhan Yesus memberkati.

 

Our Dashboard

One response to “Upgrade”

  1. canada pharmaceuticals online Avatar

    I blog frequently and I really thank you for your content. Your article has really peaked my interest. I am going to book mark your site and keep checking for new information about once per week. I subscribed to your RSS feed too.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *